Kisah Misteri Ikan Dewa Di Telaga Rambut Monte Blitar Jawa Timur

PERGIPEDIAKisah Misteri Ikan Dewa Di Telaga Rambut Monte Blitar Jawa Timur. Wisata Petilasan Rambut Monte adalah salah satu sebuah tempat wisata yang ada di Kabupaten Blitar yang merupakan peninggalan dari Kerajaan Majapahit. Telaga Rambut Monte berlokasi di Desa Krisik, Kecamatan Gandusari, Blitar, Jawa Timur atau sekitar 30 Km dari pusat Kota Blitar. Akses jalan menuju ke obyek wisata ini terbilang cukup mudah. Jika anda memulai perjalanan dari pusat Kota Blitar menuju ke Kecamatan Wlingi yang ada di sebellah timur dari pusat kota. Kemudian dilanjutkan menuju ke utara ke Desa Krisik. Di sepanjang jalan sudah terdapat papan penunjuk jalan dan rambu - rambu yang mengarahkan ke lokasi Wisata Telaga Rambut Monte sehingga tidak perlu khawatir akan tersesat.

wisata telaga rambut monte blitar jawa timur

Di sepanjang jalan menuju ke Telaga Rambut Monte setelah melewati Kecamatan Wlingi, anda akan disuguhi pemandangan alam yang indah dengan suhu udara yang sejuk lagi menyegarkan. Jalan yang cukup berkelok - kelok dengan hamparan area persawahan yang luas, beberapa perkebunan, aliran sungai, dan gunung - gunung seakan menghimpit jalan menuju lokasi telaga. Selain dari arah Blitar, anda juga bisa mengakses jalan menuju ke Telaga Rambut Monte melalui Kota Malang dengan melewati jalur utara. Dimulai dari Desa Ngantang ke arah selatan hingga bertemu dengan pertigaan yang terdapat papan petunjuk arah ke Lokasi Wisata Telaga Rambut Monte. Setelah itu melewati pertigaan pertama, anda akan menemui jalan yang bercabang dan anda harus mengambil ke kiri lurus terus.
Baca juga artikel: Mengungkap Fakta Di Balik Rahasia Danau Tolire Ternate
Setelah sampai di Lokasi Telaga Rambut Monte, anda akan dikenakan tiket masuk sebesar Rp 3.000 untuk orang dewasa dan Rp 2.000 untuk anak - anak. Karena lokasi parkir yang berada di dalam area wisata, pengunjung akan dikenakan biaya parkir sebesar Rp 1.000 hingga Rp 3.000 untuk kendaraan bermotor, mobil, mini bus, ataupun bus. Semua tarif tersebut bisa berubah - ubah jika ada momen - momen liburan tertentu misalnya saat musim liburan panjang ataupun jika ada pertunjukan kesenian maupun musik. Dan harga tersebut juga berbeda lagi jika sampai ada yang menginap meskipun di wilayah tersebut belum ada tempat penginapan.

wisata telaga rambut monte blitar jawa timur

Rambut Monte bukan hanya sekedar tempat wisata melainkan juga merupakan sebuah cagar budaya. Hal ini tidak lain karena di Wisata Rambut Monte terdapat sebuah candi bersejarah yang masih sering digunakan oleh umat Hindu untuk bersembahyang pada hari keagamaan. Begitu memasuki lokasi wisata, pengunjung sudah bisa melihat Candi Rambut Monte dengan cukup jelas yang ukurannya cukup kecil jika dibandingkan dengan candi - candi pada umumnya yang dijadikan sebagai tempat wisata. Di bawah candi terdapat sebuah telaga yang dihuni oleh ikan yang oleh warga setempat disebut sebagai Ikan Dewa. Ukuran ikan ini relatif besar jika dibandingkan dengan jenis ikan tawar lainnya dan jumlah Ikan Dewa ini cukup banyak. Ikan - ikan ini memakan apapun seperti apa yang dimakan oleh manusia, seperti nasi, roti, daging ayam, dan daging kambing.
Baca juga artikel: Danau Kaco Jambi, Keindahan Yang Terselubung Dan Tersembunyi
Di pinggiran Telaga Rambut Monte disediakan sebuah gubuk untuk melihat sumber air yang ada di dalam telaga. Sumber air tersebut memberikan warna tersendiri sehingga akan nampak warna biru pada telaga yang merupakan sumber mata air telaga. Menurut cerita warga setempat yang beredar mengatakan bahwa warna biru tersebut berasal dari seseorang yang tidak memiliki keturunan yang bernama Mbah Monte. Beliau mempunyai dua orang murid dan suatu ketika beliau kecewa terhadap tindakan dari kedua muridnya yang teah menyalahgunakan ilmu yang sudah ia ajarkan. Singkat cerita, akhirnya Mbah Monte pun murka dan membakar pohon - pohon yang berada di sekitar danau. Pohon - pohon tersebut konon berubah menjadi Ikan Dewa sedangkan kedua muridnya menjadi dua mata ir yang berada di dalam Telaga Rambut Monte. Namun, secara ilmiah mengatakan bahwa warna biru ditimbulkan karena adanya kandungan mineral yang keluar dari dua sumber mata air di dalam telaga.

wisata telaga rambut monte blitar jawa timur

Penduduk sekitar meneruskan amanat dari leluhurnya dan terus mempercayai bahwa ikan yang ada di dalam Danau Rambut Monte tidak boleh ditangkap apalagi disantap. Tidak ada yang berani melanggar peraturan tersebut. Hanya malapetaka yang akan datang jika ada yang nekat membuang sesuatu atau menangkap ikan di danau ini. Jika ingin mandi di Telaga Rambut Monte ini, anda tidak diperkenankan untuk masuk di kolam yang dihuni oleh Ikan Dewa. Di atas Telaga Rambut Monte sudah disediakan sebuah kolam untuk mandi. Meskipun dibuka 24 jam, namun pada nyatanya wisata ini dibuka untuk para pengunjung mulai dari pagi hingga sore hari sekitar pukul 5 sore kecuali jika ada acara tertentu yang sedang berjalan di tempat ini.
Baca juga artikel: Danau Labuan Cermin Kalimantan Timur, Danau Dengan Dua Rasa Berbeda
Peta Lokasi Telaga Rambut Monte Blitar Jawa Timur



Terima kasih sudah membaca artikel Kisah Misteri Ikan Dewa Di Telaga Rambut Monte Blitar Jawa Timur ini dan semoga bisa menjadi referensi tujuan wisata anda bersama keluarga
Kisah Misteri Ikan Dewa Di Telaga Rambut Monte Blitar Jawa Timur Kisah Misteri Ikan Dewa Di Telaga Rambut Monte Blitar Jawa Timur Reviewed by pergipedia on 3:52:00 PM Rating: 5

No comments:

Terima kasih sudah berkunjung ke blog yang sederhana ini, mohon tinggalkan komentar berupa kritik maupun saran anda untuk blog ini!!
LINK AKTIF tidak akan dipublish!!

Powered by Blogger.